Selasa, 11 Desember 2012

EFEK MINUMAN BERSODA

Minuman soda. Rasa segarnya membuat banyak orang menyukai. Tetapi kita harus hati-hati, karena efeknya pada tubuh tidak senikmat rasanya.

Diabetes
Kebanyakan minuman bersoda mengandung gula cukup tinggi. Konsumsi gula yang berlebihan ini menyebabkan sebagian gula tidak dapat proses oleh insulin. Akibatnya kadar gula darah meningkat dan dalam jangka panjang terjadi diabetes.

Resiko obesitas
Tinggi gula berarti tinggi kalori. Dengan meminum minuman bersoda dalam frekuensi yang sering maka kita mengonsumsi banyak kalori. Kelebihan kalori jika tidak dibakar dengan aktivitas sehari-hari dan olahraga akan disimpan sebagai lemak. Simpanan lemak ini selain menyebabkan kelebihan berat badan juga memicu beberapa penyakit lain. Misalnya stroke, diabetes, dan penyakit jantung.

Kerusakan ginjal
Di dalam minuman bersoda terdapat banyak zat yang memberatkan kerja ginjal, yaitu pewarna buatan, kafein, asam fosfat, dan pemanis buatan. Memperberat kerja ginjal dapat membuatnya rusak dalam jangka panjang.

Kerusakan gigi
Tingginya kandungan gula menjadi penyebabnya. Kandungan asam fosfat di dalamnya melarutkan kalsium email gigi sehingga mempercepat kerusakan gigi.

Tulang rapuh
Asam fosfat di dalam minuman bersoda juga dapat melarutkan kalsium tulang, sehingga tulang menjadi lebih rapuh. Kerapuhan tulang ini meningkatkan resiko patah tulang.

Maag
Kadar asam lambung meningkat akibat percampuran gas dari minuman bersoda dengan asam lambung, sehingga memperberat kerja lambung, melukainya dan akibat selanjutnya terjadi sakit maag.

Kecanduan
Kafein yang terdapat di dalamnya menyebabkan ketergantungan. Selain itu kafein menyebabkan sulit tidur dan jantung berdebar.

Resiko kanker pankreas
Hal ini berhubungan dengan kerja pankreas menghasilkan insulin. Pankreas dipaksa bekerja keras menghasilkan insulin yang cukup untuk memproses gula dari minuman soda yang kita konsumsi.

Dehidrasi
Minuman bersoda, walaupun namanya saja minuman, tetapi justru membuat dehidrasi peminumnya. Ini karena kandungan kafein dan gula yang ada di dalamnya.

Daripada minum yang banyak efek sampingnya, lebih baik kita memperbanyak minum air putih. Dengan begitu, kerja organ tubuh menjadi lebih ringan, sehingga kita lebih sehat.

0 komentar :

Poskan Komentar